Rangkuman laporan praktikum PBO
PEMROGRAMAN BERORIENTASI
OBJEK
I.
ELEMEN
DASAR JAVA
a. Dalam pembahasan ini berisi penjelasan disertai
contoh mengenai pengenalan type data, veriabel, dan identitas array yang
menjadi pemahaman dasar bagi mahasiswa sebelum mempelajari Pemrograman Berorienatasi
Objek dengan membuat program java sederhana menggunakan elemen dasar tersebut.
b. Java
adalah salah satu bahasa pemograman yang menggunakan paradigma pemograman
berorientasi obyek.Pemograman berorientasi obyek menjadikan object dan class
sebagai konsep sentralnya. Jadi dalam pemograman java object dan class menjadi
suatu yang paling utama. Java adalah salah satu bahasa pemograman yang tidak
tergantung pada operating system (operating system independent), yang sekarang
mulai popular dikalangan programmer.
c. Progam
dalam java dibagi- bagi menjadi class-class.Oleh karena itu program dalam java
dimulai dengan kata kunci class atau
public class.Lihat Contoh Berikut :
public
class Hello {
public static void main(String argv[]){
System.out.println("Hello java programmer
UMSIDA");
}
}
II.
OPERATOR,
CONTROL, FLOW DAN STRING
a. Dalam pembahsan ini akan dibahass mengenai
pendeklarasian variable, baik instance variable, class variable, maupun local
variable, serta membahas fungus dari masing – masing symbol operator dan
control flow. Operator dan Control Flow adalah jantung
dari program Control Flow mempunyai kemampuan untuk mengendalikan jalan dari
program. Tanpa Operator dan Control Flow, program tidak akan mampu melakukan
banyak hal. Ada beberapa jenis Operator dan Control Flow dalam Java, yaitu:
1. Aritmatika
Operator
Java mempunyai operator aritmatika seperti
+ (penjumlahan), - (pengurangan) ,*(perkalian) , / (pembagian) dan % (modulo).
Operator – operator ini berlaku seperti dalam operasi aritmatika
2. Logika
Operator
Ada tiga logika Operator dalam java yaitu:
&& Logika
/nd
|| LogikaOr
| LogikaNot
3. Bit
per bit Operator
Variabel bertipe long, int, short, byte
dan char dapat mempunyai operator yang dioperasikan langsung kesusunan binernya
(bit atau bit).
4. Relasional
5. Prioritas
6. Pernyataan
if
Pernyataan if adalah control flow yang paling sederhana Pernyataan ini
mengevaluasi suatu ekspresi. Jika ekspresi benar (true) maka blok pernyataan
akan dijalankan. Sebaliknya computer akan melompati blok pernyataan tersebut.
7. Pernyataan
if else
Pernyataan if-else mengevaluasi suatu ekspresi. Jika ekspresi benar (true)
maka blok pernyataan dijalankan. Sebaliknya computer akan menjalankan blok
pernyataan yang lain
8. Perulangan
Pernyataan yang diulang – ulang.
9. Penyataan
switch case
Switch digunakan untuk percabangan
(seleksi) lebih dari dua. Ini digunakan untuk menghindari pergunaan if-else
yang berlapis-lapis.
Contoh
public
class OprTest {
public static void main (String[] args ){
byte b=0x8;
byte c, d, e, f, g, h, i;
c=(byte)~b;
c &=0xf;
d= (byte) (b | c);
e= (byte) (c>>2);
f= (byte) (e + 3);
g= (byte) (c & f);
h= c ;
h ^=0x3;
i= (byte) (h >>>1);
i <<=2;
System.out.println(" c = "
+ c) ;
System.out.println(" d = "
+ d) ;
System.out.println(" e = "
+ e) ;
System.out.println(" f = "
+ f) ;
System.out.println(" g = "
+ g) ;
System.out.println(" h = "
+ h) ;
System.out.println(" i = "
+ i) ;
}
III.
CLASS
a. Dalam
materi ini akan dibahas mengenai objek dan class, serta penggunaannya dalam
sebuah program java sederhana.
b. Class
merupakan bagian pokok dari Pemrograman Berorientasi Obyek (Object Oriented
Programming). Class merupakan cara merakit data-data dan menentukan semua
metode yang diperlukan untuk mengakses, menggunakan dan mengubah data-data
tersebut. Dalam java class juga bisa dianggap sebagai type dari object.
Setiap class memiliki dua
hal utama. Yang pertama adalah yang kita sebut state/atribut/property. State
dalam obyek tidak lain adalah nilai dari setiap variable. Bagian yang kedua
adalah tool atau method yang menentukan utility yang dimiliki oleh class.
Contohnya :
public
class Kotak {
private int Panjang, Lebar, Tinggi;
public void setPanjang(int pjg) {
Panjang=pjg; }
public void setLebar(int lbr) {
Lebar=lbr; }
public void setTinggi(int tg) {
Tinggi=tg; }
public int getPanjang() {
return Panjang; }
public int getLebar() {
return Lebar; }
public int getTinggi() {
return Tinggi; }
public int luas () {
int hasil;
hasil=2*Panjang*Lebar+2*Panjang*Tinggi+2*Lebar*Tinggi;
return hasil; }
public int volume () {
int hasil;
hasil=Panjang*Lebar*Tinggi;
return hasil;
}
}
IV.
THREADS
Property unik dari java adalah bahwa Java
memberi suport adanya threads. Threads memperbolehkan kita melakukan banyak hal
pada waktu yang bersamaan. Threads adalah komponen java yang memungkinkan kita
untuk membuat program yang bersifat multitasking programming. Sebenarnya setiap
program dalam java selalu menggunakan paling tidak satu thread. Kita bisa
membuat aplikasi dan class berjalan dalam threads yang terpisah dengan dua
cara, yaitu :
·
Mengembangkan dari class
Thread (extending class Thread)
·
Mengimplementasikan
Runnable interface
Contohnya
:
public
class TwoThreadTest{
public static void main(String argv[]){
SimpleThread t1,t2;
t1=new SimpleThread("Surabaya");
t2=new SimpleThread("Jakarta");
t1.start();
t2.start();
}
}
V.
EXCEPTION(EKSEPSI)
Eksepsi adalah mekanisme yang memungkinkan
program untuk menangkap kondisi-kondisi tertentu yang membutuhkan penanganan
khusus. Eksepsi dapat berupa kesalahan yang terjadi dalam program pada saat run
time.
Contohnya :
public
class Arg01 {
public static void main(String argv[]) {
String str="??????";
try {
str
= argv[0];
}
catch
(ArrayIndexOutOfBoundsException e) {
System.out.println("Argument
Kosong");
}
System.out.println("Argumen="+str);
}
}
VI.
JAVA
GRAPHICAL USER INTERFACE
Graphical User Interface merupakan antar
muka grafis yang memfasilitasi interaksi antara pengguna dengan program
aplikasi. Salah satu komponen dalam bahasa pemrograman java untuk membangun GUI
adalah Swing. Komponen ini didefinisikan di dalam paket javax,swing. Swing
diturunkan dari Abstract Windowing
Toolkit dalam paket java.awt. Hirarki dari komponen Swing adalah :
Java.swing.Jcomponent =>
java.awt.Container => java.awt.Component => java.lang.Object. Object
Jcomponent adalah superclass dari semua komponen Swing.
Contohnya :
import javax.swing.*;
public
class ContohFrame1 {
public
static void main (String [] args) {
JFrame
a1;
a1
= new JFrame("contoh frame");
a1.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
a1.setSize(300,300);
a1.setVisible(true);
}
}
Komentar
Posting Komentar